Teknik Spray Gun Agar Mendapatkan Hasil Terbaik

Pengertian SandBlasting
Pengertian SandBlasting, Parameter Proses Dan Hasil SandBlasting
May 6, 2019
Apa Yang Dimaksud Dengan Tenaga Kerja
Apa Yang Dimaksud Dengan Tenaga Kerja? Simak Informasinya Disini
May 6, 2019

Teknik Spray Gun Agar Mendapatkan Hasil Terbaik

Teknik Spray

Teknik spray – Spray gun adalah alat pengecetan yang wajib dimiliki untuk bengkel body repair ataupun workshop furniture. Alat untuk mengecat yang menggunakan udara ini juga berfungsi agar pada saat mengaplikasikan pada benda kerja semakin bekerja dengan baik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan yang diinginkan maka ada teknik spray gun yang harus diperhatikan di bawah ini.

Teknik Spray

Teknik Spray Gun Agar Mendapatkan Hasil Terbaik

1. Aplikasikan Secara Tipis-tipis

Teknik menggunakan spray gun agar hasil yang didapatkan bisa maksimal adalah dengan cara mengaplikasikan secara tipis-tipis di setiap lapisan cat. Buat garis secara vertical maupun horizontal secara bolak balik mulai terlebih dahulu dari bagian yang pojok.

Apabila bagian pojok sudah selesai maka bisa lanjut melakukan dengan arah yang berlawanan. Hingga semua permukaan kayu sudah terlapisi. Dan lepaskan pemicu spray terlebih dahulu jika sudah selesai dalam satu baris, baru pindah ke baris yang selanjutnya.

2. Letakkan Proyek Dengan Tepat

Letakkan proyek dengan benar dan sesuai agar saat melakukan spray tidak kesulitan. Untuk meletakkan proyeknya pun tidak bisa sembarangan. Disarankan menggunakan balok kayu untuk menaikkan dari atas meja kerja. Untuk menghindari kesulitan saat mengambil dan saat akan memindahkan proyek sebelum dan setelah di semprot. Juga agar saat proses penyemprotan dapat dilakukan secara maksimal.

3. Jarak Pengecatan

Jarak pengecatan proyek dan spray gun juga tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Spray Gun dan area atau proyek memiliki jarak yang berbeda untuk setiap masing-masing cat. Jarak itu sendiri diukur yang tergantung dari proses dan obyek yang akan dicat.

Apabila spray gun digunakan dengan jarak yang terlalu dekat maupun terlalu jauh dengan permukaan yang ingin dicat. Maka hasil yang dihasilkan juga tidak akan maksimal. Jika terlalu dekat maka hasilnya akan meleleh, dan jumlah cat yang menempel menjadi banyak, sehingga lapisan akan terlalu tebal. Dan jika digunakan dengan jarak yang terlalu jauh maka kebalikannya dari sebelumnya.

Hasil lapisannya akan berkurang sehingga dapat menjadi tipis dan kasar. Jarak yang umum digunakan untuk teknik spray gun ini adalah 15-20 senti meter jika menggunakan jenis acrylic lacquer. Dan jika menggunakan dengan jenis enamel maka jaraknya adalah 15-25 centi meter.

4. Cara Memegangnya

Untuk memegang spray gun ini juga ada caranya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Memegang spray gun harus konsisten terhadap permukaan obyek dengan cara harus dipegang secara lurus. Untuk arah vertical maupun horizontal pun sama. Jika cara memegangnya salah maka hasilnya tidak akan rata.

5. Kecepatan Dalam Mengecat

Kecepatan dalam mengecat menggunakan spray gun ini juga harus diperhatikan. Karena jika pengecatan dilakukan terlalu lama atau lambat maka hasilnya cat akan meleleh. Dan jika dilakukan terlalu cepat maka yang dihasilkan akan menjadi kurang rata. Untuk mendapatkan hasil yang rata dan mengkilap maka kecepatan dalam mengecat harus stabil dan konsisten.

Baca Juga

6. Overlapping

Overlapping atau pola tumpang tindih ini adalah salah satu teknik dengan cara pengecatan atau penyemprotan pada permukaan benda kerja. Sehingga pada saat melakukan penyemprotan yang pertama akan menyambung dengan penyemprotan  yang berikutnya. Teknik ini cocok digunakan untuk dapat menghasilkan ketebalan yang rata. Dan agar tidak terjadinya perubahan atau perbedaan warna.

Teknik Spray Gun

Masih banyak lagi cara atau teknik spray gun agar mendapatkan hasil yang maksimal dan yang diinginkan. Yang terpenting adalah konsisten dengan kecepatan maupun jarak atau posisi tangan saat melakukan pengecatan dengan menggunakan spray gun. Dan spray gun ini adalah cara pengecatan yang paling banyak dilakukan dikalangan manapun.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Nah jika anda membutuhkan alat spray gun maka anda dapat menghubungi kami segera melalui kontak yang ada di bawah ini :

Hubungi Kami

Telp : (021) 22103792
Alamat : Perumahan The East View Residence, Kompleks Ruko Sun Flower Blok F No 11 Jalan Barin Raya Kel. Mustika Sari Kec Mustika Jaya Kota Bekasi – Jawa Barat
E-mail : sales@arlenglobalmulia.com

Salam Sukses – Arlenglobalmulia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *