Pengertian SandBlasting, Parameter Proses Dan Hasil SandBlasting

Pengertian Outsourcing
Pengertian Outsourcing, Keuntungan Dan Kerugiannya Untuk Perusahaan
May 6, 2019
Teknik Spray
Teknik Spray Gun Agar Mendapatkan Hasil Terbaik
May 6, 2019

Pengertian SandBlasting, Parameter Proses Dan Hasil SandBlasting

Pengertian SandBlasting

Pengertian sandBlasting – Pengertian Sandblasting secara etimologi  adalah proses penembakan partikel (pasir) ke  permukaan suatu material agar terjadi  gesekan atau tumbukan untuk tujuan membersihkan permukaan suatu material tersebut. Sandblasting adalah sebuah pengembangan teknologi pembersihan sebuah material dengan mudah dan cepat.

Pengertian sandBlasting

Istilah Pengertian  sandblasting tidak asing bagi pengguna motor dan mobil. Permasalahan tampilan bagian luar pada blok mesin biasanya dilakukan dengan menggunakan metode sandblasting. Karena kesulitan membersihkan pada bagian ini terletak pada banyaknya kotoran yang menempel pada bagian blok mesin.

Jenis-Jenis dan Pengertian Sandblasting Berdasarkan Penggunaannya

Karena disebabkan lama penggunaan sering cat pada tembok menjadi buram dan usang hal tersebut disebabkan karena menempelnya beberapa kotoran seperti karat, garam, jamur maupun korosi.

Dengan menggunakan sanblasting cat lama akan mengelupas dan sandblasting juga akan mempercepat proses pelengketan cat yang baru.  Sandblasting berdasarkan penggunaannya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu Dry sandlasting, Dan Wet Sandblasting adapun masing masing kegunaannya dua jenis itu adalah sebagai berikut:

1. Dry Sandlasting

Dry Sandlasting ini biasa jenis yang biasa digunakan untuk benda yang berbahan jenis metal/ atau besi yang tidak memiliki resiko menghasilkan percikan api pada saat penyemprotan berlangsung. Contohnya  penggunaan jenis Sandblasting ini seperti  pembersihan pada bodi rangka mobil,  sandblasting pada Tiang pancang, juga dapat digunakan pada body kapal laut dan sejenis lainnya

2. Wet Sandblasting

Jenis yang biasa digunakan Wet Sandblasting adalah pada  benda yang berbahan mental/ atau besi yang dapat menimbulkan percikan api sehingga ada potensi resiko terbakar seperti penggunaan wet sandblasting  pada tangki yang berisi  bahan bakar atau tangki yang berada atau digunakan kilang minyak (offshore).

Pada jenis ini sandblasting akan dicampur dengan beberapa bahan kimia khusus anti karat yang berfungsi meminimalisir percikan api pada saat proses sand blasting dilakukan.

Parameter Yang Mempengaruhi Proses Dan Hasil  Sandblasting

Selain itu parameter juga dapat mempengaruhi proses sandblasting adapun parameter yang dapat mempengaruhi tersebut adalah :

  • Ukuran butir (mesh). Ukuran butir yang lebih kecil akan menghasilkan lebih halus dibanding ukuran butiran yang lebih besar oleh sebab itu ukuran butiran sangat berkaitan dengan bentuk profil permukaan yang terbentuk.
  •  Sudut penyemprotan. Besarnya sudut penyemprotan yang digunakan pada saat penyemprotan antara nozzle dengan benda kerja adalah antara 90 0 . sudut 90 0 biasa digunakan pada permukaan yang menghasilkan tumbukan paling besar.
  • Tekanan penyemprotan. Tekanan Penyemprotan juga dapat mempengaruhi daya dari abrasifnya. Jika semakin besar tekanan yang digunakan, maka semakin besar pula daya abrasifnya.
  • Jarak penyemprotan. Jarak penyemprotan dapat diatur sesuai dengan hasil yang diinginkan dan jarak penyemprotan itu adalah jarak antara nozzle dengan benda kerja yang akan disemprot.
  • Waktu penyemprotan. Waktu yang digunakan dalam penyemprotan permukaan juga mempengaruhi kekasaran permukaan benda kerja. Jika penyemprotan menggunakan waktu yang lebih lama maka permukaan yang dihasilkan juga semakin kasar. Dan untuk waktu penyemprotan biasanya didasarkan atas pengalaman operator.

Baca Juga

Kelebihan Menggunakan Sandblasting

Sandblasting adalah teknik membersihkan permukaan material yang simpel,praktis dan lebih maksimal dibanding dengan cara yang manual. Selain itu cat juga jauh lebih melekat. Karena Sandblasting bisa dapat langsung disemprot cat pada permukaannya tanpa perlu lagi dilakukan amplas. Dan tentunya sandblasting dapat menjangkau seluruh bagian bahkan sampai kepada bagian yang sulit seperti pada sirip blok mesin.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Demikian penjelasan sandblasting diatas. Para pemotor bike dan maniac dapat mencoba cara baru dengan menggunakan sandblasting selain mudah, dan lebih efektif hasilnya. Namun jika tidak memiliki skill mumpuni untuk melakukan ini dapat melakukan pengerjaannya pada khusus tempat sandblasting yang ada disekitar.

Hubungi Kami

Telp : (021) 22103792
Alamat : Perumahan The East View Residence, Kompleks Ruko Sun Flower Blok F No 11 Jalan Barin Raya Kel. Mustika Sari Kec Mustika Jaya Kota Bekasi – Jawa Barat
E-mail : sales@arlenglobalmulia.com

Salam Sukses – Jasa Sandblasting Terpercaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *