Jasa Sandblasting Pembersihan Material Logam Jadi Mudah Dan Cepat

Tenaga Kerja Adalah
Tenaga Kerja Adalah? Berikut Pengertian Dan Klasifikasinya
May 14, 2019
Harga Pasir Sandblasting
Harga Pasir Sandblasting, Kegunaan Dan Jenisnya
May 14, 2019

Jasa Sandblasting Pembersihan Material Logam Jadi Mudah Dan Cepat

Jasa Sandblasting

Jasa sandblasting – Siapa yang tidak kenal sih dengan sandblasting? Sebuah proses membersihkan permukaan pada macam-macam material dengan cara menembakkan partikel pasir pun banyak sekali peminatnya. Proses sandblasting sendiri merupakan salah satu proses yang sangat efektif sekali digunakan bagi yang mempunyai material berukuran besar. Maka dari itu jasa sandblasting sendiri tentunya sangat dibutuhkan sekali, mengingat orang yang mempunyai material besar pun sangat banyak. Lalu apasih peran jasa Sandblasting? Berikut ini adalah ulasannya.

Jasa Sandblasting

Berbicara mengenai sandblasting secara etimologi merupakan proses penembakan partikel/pasir ke permukaan suatu material supaya terjadi gesekan maupun tumbukan dalam tujuan membersihkan permukaan suatu material tersebut, sandblasting ini adalah sebuah  pengembangan teknologi pembersihan sebuah material yang terbilang mudah dan juga cepat, namun jika anda tidak bisa melakukannya maka anda dapat menggunakan jasa sandblasting sebagai solusi yang tepat.

Istilah dari sandblasting ini sudah tidak asing lagi bagi para pengguna motor dan juga mobil, permasalahan tampilan bagian luar pada blok mesin ini biasanya di lakukan dengan menggunakan metode sandblasting, sebab kesulitan dalam membersihkan pada bagian tersebut terletak pada banyaknya kotoran yang menempel pada bagian blok mesinnya.

Kenapa Gunakan Jasa Sandblasting?

Selain untuk membersihkan material yang cukup besar, tentunya jasa ini pun mempunyai manfaat yang lain bagi para pemilik material besar tersebut. Adapun manfaat dari jasa sandblasting itu sendiri antara lain sebagai berikut:

1. Mampu Membersihkan Permukaan Material Besi Dari Kontaminasi Seperti Karat, Minyak, Cat, Garam, Dan Yang Lainnya

Manfaat jasa sandblasting yang pertama adalah mampu membersihkan permukaan material besi dari kontaminasi seperti karat, minyak, cat, garam, dan yang lainnya. Tentunya dengan adanya jasa tersebut bagi para pemilik material pun tidak usah repot-repot untuk membersihkan permukaan dari berbagai macam kontaminasi yang membuat material menjadi kotor seorang diri.

Karena jasa ini sendiri akan membersihkan kotor yang terdapat pada material tersebut dengan teknik-teknik yang sudah mereka kuasai. Sehingga dengan waktu yang tidak lama, mereka pun akan mengatasi masalah tersebut. Dan yang pastinya, material pun akan kembali bersih seperti semula.

2. Mampu Mengatasi Cat Lama Yang Sudah Rusak Atau Pudar Pada Material

Selain mampu membersihkan permukaan material besi dari kontaminasi seperti karat, minyak, cat, garam, dan yang lainnya. Jasa ini pun mampu mengatasi cat lama yang sudah rusak atau pudar pada material itu sendiri. Dengan menggunakan teknik yang khusus, maka jasa sandblasting pun akan mengatasi persoalan tersebut. Warna cat yang memudar yang mampu merusak pemandangan dari material pun akan segera hilang seketika.

3. Mampu Membuat Profile Atau Kekasaran Yang Ada Pada Permukaan Metal Sehingga Cat Pun Bisa Lebih Melekat

Selain ke dua manfaat di atas, jasa ini pun mampu membuat profile atau kekasaran yang ada pada permukaan metal sehingga cat pun bisa lebih melekat. Dengan begitu, maka sudah pasti jasa sandblasting pun sangat diperlukan sekali, agar tampilan material pun tetap cantik karena mampu membuat cat lebih melekat dan tahan lama. Material pun sudah pasti terlihat menjadi seperti baru kembali dengan warna cat yang mengkilap dan sudah pasti melekat lebih lama.

4. Mampu Membuat Permukaan Material Menjadi Lebih Bersih Serta Kasar Sebagaimana Kulit Jeruk

Bagi yang mempunyai material besar dan ingin membuat permukaan material tersebut menjadi lebih bersih dan kasar sebagaimana kulit jeruk, maka jasa ini lah yang sangat cocok untuk dipilih. Karena jasa sandblasting ini mampu membuat permukaan material menjadi lebih bersih serta kasar sebagaimana kulit jeruk. Dengan adanya asa ini, tentunya material pun seperti terlihat baru lagi.

5. Mampu Membuat Material Terlihat Seperti Baru Kembali

Dengan adanya jasa ini, maka mereka mampu membuat material yang terlihat usang menjadi terlihat seperti baru kembali. Dengan begitu, maka para pengguna material pun tidak usah membeli material yang baru lagi. Karena selagi ada jasa sandblasting, material yang terlihat usang akan dirubah menjadi material yang baru seperti halnya material yang pertama kali dibeli.

Jenis-jenis Sandblasting

Dengan menggunakan sandblasting maka cat lama akan mengelupas dan sandblasting juga akan mempercepat proses pelengkapan cat yang baru, berdasarkan penggunaannya sandblasting ini dapat di bagi menjadi dua jenis yaitu Dry sandblasting dan Wet sandblasting, lalu apa fungsinya? Berikut penjelasannya.

  • Dry sandblasting

Dry sandblasting

Penggunaan Dry sandblasting ini biasanya untuk benda-benda yang berbahan jenis metal atau besi dan tidak memiliki resiko menghasilkan percikan api ketika penyemprotan berlangsung, misalnya penggunaan jenis sandblasting ini seperti pembersihan pada bodi rangka mobil, sandblasting pada tiang pancang dan juga dapat di gunakan pada body kapal laut dan sejenis lainnya.

  • Wet sandblasting

Wet sandblasting

Nah sedangkan untuk wet sandblasting ini adalah pada benda yang berbahan mental atau besi yang bisa menimbulkan percikan api jadi akan terjadi ptensi resiko terbakar seperti penggunaan wet sandblasting pada tangki yang berisi bahan bakar maupun tangki yang berada ataupun di gunakan kilang minyak.

Pada jenis ini sandblasting akan di campur dengan beberapa bahan kimia khususnya yang anti karat dan berfungsi meminimalisir terjadinya percikan api ketika proses sandblasting.

Pasir Blasting Yang Digunakan Untuk Sandblasting

Material yang di tembakkan akan menghasilkan permukaan yang kasar,  tentunya pasir yang di gunakan untuksandblasting ini memiliki banyak jenisnya. Lalu apa saja jenis-jenis pasir yang di gunakan untuk sandblasting. Berikut ulasannya.

  • Garnet

Garnet

Untuk bahan sandblasting yang satu ini di nilai paling murah di antara material abrasive blasting lainnya, di karenakan garnet ini adalah bahan alam yang bahan bakunya mengandung almandite dan silica sebanyak kurang dari 0,1 persen. Bentuk dari garnet ini sendiri terbilang agak runcing jadi ketika memegang anda harus berhati-hati.

Garnet ini sendiri memiliki kelebihan tersendiri selain bentuknya yang runcing ternyata garnet ini memiliki sifat yang tidak mudah hancur, garnet ini bisa di gunakan berulang kali. Hal tersebut membuat harganya terglong lebih murah.

  • Steel Grit

Steel Grit

Selain garnet steel grit ini juga menjadi salah satu pasir blasting yang biasanya di gunakan untuksandblasting, walaupun namanya steel namun kebanyakan orang-orang menyebutnya pasir blasting.

Nah ketika menggunakan Steel Grit ini tentunya harus berhati-hati, karena material yang satu ini bisa mencemarkan permukaan yang di bersihkan. Steel Grit ini sendiri juga dapat berkarat maka dari itu sangat cocok di gunakan untuk blasting dalam ruangan yang tertutup.

  • Steel Shot

Steel Shot

Hal yang membedakan antara steel grit dengan steel shot ini adalah bentuknya, kedua pasir ini memiliki bahan dasar dan juga kandungan silika bebas yang sama. Namun yang perlu di ketahui bentuk dari steel shot ini adalah bulat, nah sedangkan steel grit memiliki bentuk yang agak runcing. Maka dari it untuk menangani kerusakan pada plat, steel shot tentunya akan terasa kurang cocok .

Walaupun kurang cocok untuk menangani kerusakan pada plat, steel shot ini masih bisa di gunakan sebagai material sanblasting. Di sisi lain kurang cocok untuk menangani kerusakan plat, steel shot ini hanya bisa di gunakan kembali untuk beberapa kali.

  • Silicon Carbide

Silicon Carbide

Material untuk sandblasting yang satu ini memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi, bahan yang satu ini sangatlah baik untuk sandblasting, shop blasting maupun berguna juga untuk membersihkan bagian plat.  Hal tersebut di karenakan proses yang di hasilkan jika menggunakan material ini sangatlah cepat.

Dengan hasil yang cepat ini juga akan berpengaru terhadap hara jualnya yang lebih mahal di bandingkan dengan bahan yang lainnya. Bantuk dari material yang satu ini sangatlah runcing dan juga bisa di gunakan berkali-kali dalam membersihkan material khususnya pada permukaannya. Bahan yang satu ini juga sering kali di cari oleh para pekerja terutamauntuk para pekerja sandblasting.

  • Aluminium Oxide

Aluminium Oxide

Untuk bahan yang satu ini memiliki bentuk yang terbilang agak runcing, di sisi lain bentuknya yang agak runcing ternyata ada berbagai macam aluminium oxide seperti white alumnium oxide dan juga brown aluminium oxide. Untuk tingkat kekerasan dan juga kecepatannya bahan ini akan sebanding dengan material di poin ke empat.

Bagaimana sih proses sandblasting?

Nah di dalam melakukan pembersihan dengan teknik sandblasting ini tentunya memiliki proses  tahapan yang bisa di lalui, berikut ini kami berikan ulaannya :

  • Mempersiapkan trlebih dahulu alat-alat yang akan di gunakan seperti pasir silika, nozel, selang dan juga bak pasir
  • Pembersihan permukaan dengan teknik amplas
  • Masukan pasir silika ke dalam bak pasir dan pastikan permukaan bak tersisa supaya nantinya tidak ada resiko pasr yang tumpah akibat volume pasir yang berlebihan, lalu buka kantup bak pasir sebagai jalan keluar pasir ketika proses penyemprotan nanti.
  • Proses selanjutnya nyalakan kompresor listrik, setelah itu pasir yang memiliki tekanan akan keluar melalui nozel.

Lalu apasaja parameter yang mempengaruhi proses dan hasil sandblasting?

Di sisi lain parameter ini juga dapat mempengaruhi proses sandblasting, parameter tersebut di antaranya adalah :

  • Ukuran butir (mesh)

Untuk ukuran butir yang lebih kecil bisa saja akan menghasilkan lebih halus di bandingkan ukuran yang lebih besar, maka sebab itulah ukuran butiran sangatlah berpengaruh dengan bentuk profil permukaan yang terbentuk.

  • Sudut penyemprotan

Besarnya sudut penyemprotan yang di gunakan ketika melakukan penyemprotan antara nozzle dengan benda kerja yaitu di antara 90 0  sudut 90 0 , sudut tersebut biasanya di gunakan pada permukaan yang mampu menghasilkan tumbukan paling besar.

  • Tekanan penyemprotan

Di sisi lain tekanan penyemprotan ini juga dapat mempengaruhi daya dari abrasifnya, jika semakin besar tekanan yang di gunakan maka akan semakin besar juga daya abrasifnya.

  • Jarak penyemprotan

jarak penyemprotan ini juga dapat di atur sesuai dengan hasil yang di inginkan dan jarak penyemprotan tersebut adalah jarak antara nozzle dengan benda kerjanya yang akan di semprot.

  • Waktu penyemprotan

Waktu yang di gunakan dalam penyemprotan permukaan juga akan bisa mempengaruhi kekasaran permukaan benda kerja, jika penyemprotan menggunakan waktu yang lama tentunya permukaan yang di hasilkan akan semakin kasar.

Peralatan Yang Di gunakan Dalam Proses Sandblasting    

Kami sebagai salah satu jasa sandblasting yang professional dalam melakukan pengerjaan blasting tentunya memiliki peralatan sandblasting yang bertujuan untuk menjaga keselamatan dan keamanan kami dalam bekerja, kami memiliki alat yang lengkap. Berikut adalah ulasannya.

  • Safety clothes

Safety clothes

Safety clothes atau baju pelindung ini selalu kami gunakan dalam melakukan sandblasting, hal tersebut bertujuan untuk bisa menahan serangan kimia dari tiga rute yang berbeda dari entri yaitu perembusan, penetrasi dan degadrasi. Baju yang di gunakan setelah proses sandblasting ini akan terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia.

Jadi kami di sini selalu membersihkan baju sebelum kembali di gunakan, di sini kami sebelum meninggalkan tempat kerja selalu mandi untuk membersihkan badan yang telah terkontakminasi oleh bahan kimia. Tidak hanya itu saja dalam proses sandblasting kami juga selalu mengecek kembali baju yang akan kami gunakan apakah ada bagian yang robek atau tidak, jika robek pun kami tidak akan memakainya.

  • Eye protection

Eye protection

Peralatan sandblasting yang tidak kalah pentingnya adalah pelindung mata, dengan menggunakan pelindung mata seperti kacamata khusus sandblasting maka nantinya mata akan terlindungi dari percikan api, partikel terbang, debu dan lain sebagainya.

Di sini kami menggunakan kacamata yang memang telah memenuhi standar nasional, kacamata sandblasting ini biasanya memiliki perisai pada setiap sisi maupun lensa yang berwarna untuk memberi kenyamanan yang prima.

  • Sarung tangan

Sarung tangan

Untuk sarung tangan yang di gunakan untuk proses sandblasting ini juga di desain khusus untuk menjaga keselamatan penggunanya sebab mempunyai panjang dan juga komposisi yang berbeda, sarung tangan ini nantinya akan memberikan perlindungan secara maksimal dan menghindari kontaminasi bahan kimia.

Untuk peralatan proses sandblasting ini terbagi menjadi 6 di antaranya yaitu sarung tangan sekali pakai yang terbuat dari plastik ringan, kain sarung tangan, sarung tangan karet, kulit sarung tangan, sarung tangan mesh logam dan sarung tangan aluminized.

  • Respirator dan ventilasi

Respirator dan ventilasi

Ketika melakukan kegiatan sandblasting ini akan banyak sekali bahan kimia yang bisa terhirup sengaja maupun tidak di sengaja, maka dari itulah untuk dapat meminimalisir bahan yang berbahaya yang terhirup oleh tubuh jangan lupa untuk menggunakan respirator dan juga ventilasi.

Jenis respirator ini sendiri dapat di bagi menjadi dua, yang pertama adalah masker sekali pakai yang bisa berguna untuk dapat menyaring partikulat, dan yang kedua adalah setengah masker, biasanya di gunakan untuk menutup hidung dan juga mulut.

  • Helmet

Helmet

Tidak kalah pentingnya helmet ini merupakan peralatan untuk proses sandblasting khususnta untuk bisa melindungi sistem pernafasan dari partikel yang berbahaya. Helmet ini juga berfungsi untuk melindungi kepala anda dari berbagai kecelakaan kerja.

Jasa Sandblasting Apakah Perlu Anda Gunakan

Itulah beberapa manfaat jasa sandblasting itu sendiri. Dengan adanya jasa ini, tentunya sudah pasti sangat membantu sekali bagi para pemilik material yang cukup besar. Material-material yang tadinya terlihat usang pun setelah menggunakan jasa ini maka akan terlihat seperti baru kembali. Hubungi kami jika anda membutuhkan jasa tersebut

Lihatlah video menarik berikut ini :

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jasa sandblasting, semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat banyak untuk anda. Jika di sini anda sedang membutuhkan jasa sandblasting dengan harga yang terjangkau dan juga hasil yang memuaskan maka kami adalah solusi yang tepat untuk anda. Di sini anda bisa langsung menghubungi kami melalui kontak yang tertera di bawah ini :

Hubungi kami

No telp : (021) 22103792
Email  :  sales@arlenglobalmulia.com
Alamat : Perumahan The East View Residence, Kompleks Ruko Sun Flower Blok F No 11 Jalan Barin Raya
Kel. Mustika Sari Kec Mustika Jaya Kota Bekasi – Jawa Barat

Salam Sukses – Arlenglobalmulia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *