Tekanan Sandblasting Mampu Membersihkan Permukaan Logam

Undang-Undang Tenaga Kerja Kontrak
Undang-Undang Tenaga Kerja Kontrak, Perlindungan Bagi Pekerja
May 6, 2019
Tenaga Kerja Indonesia
Tenaga Kerja Indonesia Rata-Rata Mendekati Kekayaan
May 7, 2019

Tekanan Sandblasting Mampu Membersihkan Permukaan Logam

Tekanan Sandblasting

Tekanan sandblasting – Karat menjadi hal yang sangat dipermasalahkan pada barang-barang yang terbuat dari logam. Bagaimana untuk mengatasi hal ini terjadi? Ada sebuah terobosan dalam membersihkan karat dan segala macam kotoran yang menempel pada logam. Hal ini sangat dipengaruhi oleh tekanan sandblasting.

Tekanan sandblasting

Pengaruh Dari Tekanan Sandblasting

Tekanan ini akan mempengaruhi pada cara kerja yang akan terjadi dalam proses pembersihan. Berikut ini adalah pengaruh tekanan sandblasting yang tinggi pada proses pembersihan logam:

1. Untuk Menciptakan Efek Semprotan Yang Kuat

Proses pembersihan dengan metode sandblasting menggunakan komponen kompresor, tabung menyaring, tabung untuk menampung pasir, selang dan juga nozel. Pasir yang digunakan adalah pasir silika sungai atau laut sedang untuk operatornya harus menggunakan helm perlindungan khusus.

Kemudian tekanan sandblasting pada kompresor yang nantinya akan membuat semburan dari pasir yang keluar maksimal. Permukaan yang terkena efek semprotan itu akan menjadi bersih dan terkikis dari berbagai noda di atasnya.

2. Membantu Dalam Proses Pembersihan Di Semua Jenis Metode Sandblasting

Manfaat dari pengaturan tekanan pada sandblasting yang tinggi akan sangat membantu kepada seluruh metode pembersihan dengan pasir yang dipilih. Ada dua jenis metode pembersihan sandblasting yang dikenal saat ini, yaitu:

  • Dry Sandblasting : digunakan dengan menggunakan pasir tanpa adanya zat kimia khusus. Hal ini ditujukan kepada logam yang tidak memiliki potensial terbakar. Seperti pada permukaan dinding kapal pesiar, bodi-bodi pada mobil, dan tiang-tiang dari besi. Lapisan ini menjadi aman untuk dibersihkan karena tidak mudah menimbulkan percikan api. Sehingga memiliki resiko terbakar yang nyaris tidak ada.
  • Wet Sandblasting : tekanan yang tinggi menyemprotkan pasir yang memiliki panas cukup untuk memancing percikan api. Untuk itu bila pembersihan dilakukan kepada benda-benda potensial terbakar harus menggunakan cairan kimia khusus. Cairan ini berfungsi untuk mengurangi tingkat gesekan dan panas yang ditimbulkan pada permukaan yang dibersihkan. Benda rawan terbakar ini seperti pada tangki penampungan bahan bakar minyak pada SPBU , dan kilang minyak.

3. Meningkatkan keberhasilan Proses Sandblasting

Hal yang terpenting dari pengaturan tekanan sandblasting yang diatur tinggi adalah untuk pencapaian tujuan maksimal. Metode sandblasting dapat digunakan untuk tujuan sebagai berikut ini:

  • Untuk tujuan pembersihan : Sandblasting adalah metode baru pembersihan logam yang sangat efektif. Mengelupaskan kotoran membandel pada permukaan logam dengan cara yang mudah dilakukan. Sangat efektif untuk mengikis debu, minyak, dan banyak kotoran lain penyebab korosi logam. Tekanan sandblasting yang kuat akan semakin memudahkan proses pembersihan yang dilakukan.
  • Untuk tujuan pengelupasan cat lama : Sebagai tujuan estetika, cat lama yang akan diganti harus dikelupas terlebih dahulu. Pengelupasan cat lama akan membuat proses pengecatan baru menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Disamping itu tujuan dari pengelupasan cat lama adalah untuk mempermudah cat baru lebih menempel pada permukaan logam. Menciptakan warna yang tidak tercampur dengan cat lama sehingga akan membuat hasil cat menjadi sangat bagus.
  • Untuk tujuan membuat profile yang sesuai : Profile adalah tingkat kekasaran pada permukaan. Kekasaran ini menjadi sangat berguna untuk pengecatan ulang. Sehingga cat baru menjadi lebih menempel pada permukaan sehingga tidak mudah untuk terkelupas. Dengan demikian maka cat baru menjadi lebih awet dan tahan lama. Sehingga akan meminimalkan biaya perawatan dan juga memaksimalkan perlindungan yang dilakukan.

Baca Juga

Tekanan Sandblasting Mampu Membersihkan Permukaan Logam?

Itulah mengapa dalam proses sandblasting, tekanan yang tinggi menjadi syarat yang harus dilakukan. Tekanan yang relatif rendah hanya akan membuat proses pembersihan menjadi lama. Di samping itu juga tingkat keberhasilannya menjadi kurang maksimal.

Salam Sukses – Jasa Sandblasting Terpercaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *