Peralatan Sandblasting Untuk Keamanan Dan Keselamatan Diri

Cara Mengecat
Cara Mengecat Dinding Yang Mudah Dengan Hasil Yang Estetik
May 6, 2019
Jenis Spray Gun dan Harganya
5 Jenis Spray Gun dan Harganya yang Termurah Dan Berkualitas
May 6, 2019

Peralatan Sandblasting Untuk Keamanan Dan Keselamatan Diri

Peralatan sandblasting

Peralatan sandblasting – Blasting merupakan suatu proses pembersihan pada permukaan material yang menggunakan sistem material udara dengan tekanan tinggi. Media yang digunakan dalam proses blasting antara lain air, pasir, dan lain-lain. Blasting bedakan menjadi dua jenis yaitu Sandblasting dan Wet Sandblasting. Untuk melakukan proses Sandblasting ini harus dilengkapi dengan peralatan Sandblasting untuk keselamatan diri sendiri.

Peralatan Sandblasting

Peralatan Sandblasting Untuk Keamanan Dan Keselamatan Diri

Untuk menjaga keselamatan saat melakukan proses Sandblasting pastikan peralatan yang digunakan sudah lengkap dan aman. Jika membeli perlengkapan Sandblasting percayakan kepada arlenglobalmulia.com yang mengunggulkan kualitas produk. Berikut ini beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk proses Sandblasting.

1. Safety Clothes

Baju pelindung ini wajib digunakan ketika melakukan Sandblasting guna menahan serangan kimia dari tiga rute yang berbeda dari entri, yaitu perembesan, penetrasi, dan degadrasi. Baju yang digunakan setelah proses sandblasting akan terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia, oleh sebab itu segera bersihkan baju tersebut sebelum digunakan kembali. Sebelum meninggalkan tempat kerja mandilah untuk membersihkan seluruh badan yang telah terkontakimanasi oleh bahan kimia.

Dalam proses sandblasting teliti kembali baju yang digunakan apakah ada bagian yang robek atau tidak, jika ada bagian yang robek lebih baik jangan digunakan karena nantinya akan terjebak pada mesin atau proyeksi struktural.

2. Eye Protection

Peralatan Sandblasting yang tak kalah penting adalah pelindung mata. Dengan menggunakan pelindung mata seperti kacamata khusus sandblasting akan melindungi mata dari percikan api, partikel terbang, debu, atau dari percikan sinar-sinar lainnya yang berbahaya.

Gunakan jenis kacamata yang telah berstandar nasional, yang telah memiliki impact-resistant frames serta lensa kacamata telah memenuhi OSHA. Jenis kacamata ini biasanya memiliki perisai pada setiap sisi atau lensa berwarna yang berguna untuk memberi kenyamanan prima.

3. Sarung Tangan

Sarung tangan yang digunakan untuk proses sandblasting didesain khusus untuk menjaga keselamatan penggunanya karena mempunyai panjang dan komposisi yang berbeda. Untuk sarung tangan ini akan memberikan perlindungan secara maksimal serta kualitas material yang dipilih pun mampu menahan dari kontaminasi bahan kimia.

Peralatan untuk proses sandblasting ini terbagi menjadi 6, yaitu sarung tangan sekali pakai yang terbuat dari plastik ringan, kain sarung tangan, sarung tangan karet, kulit sarung tangan, sarung tangan Mesh logam, dan sarung tangan Aluminized.

4. Respirator Dan Ventilasi

Ketika melakukan kegiatan sandbalsting akan banyak bahan kimia yang bisa terhirup sengaja atau tidak disengaja. Oleh sebab itu untuk meminimalisir bahan berbahaya yang terhirup oleh tubuh jangan lupa untuk menggunakan respirator dan ventilasi.

Baca Juga

Jenis respirator sendiri terbagi menjadi dua, yang pertama masker sekali pakai yang berguna untuk menyaring partikulat. Yang kedua yaitu setengah masker, biasanya digunakan di hidung dan di mulut, masker ini mengandung kastrid yany berguna untuk menyerap gas dan uap.

5. Helmet

Helmet merupakan peralatan untuk proses sandblasting khusus untuk melindungi sistem pernapasan dari partikel berbahaya. Dalam memilih helmet sandblasting pastikan bahwa helmet tersebut memiliki saluran yang masih berfungsi dengan baik.

Jika saluran helmet lancar maka udara bersih dapat tersalurkan dengan baik menuju helm, pastikan juga helmet pas di kepala serta nyaman digunakan. Jangan menggunakan helmet yang terdapat bagian-bagian yang hilang atau tidak lengkap karena akan membahayakan keselamatan pengguna.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Ketika proses sandblasting selesai tetap gunakan helmet tersebut karena partikel berbahaya masih menempel pada baju yang digunakan. Gunakan juga headphone untuk meminimalisir kebisingan pada saat melakukan kegiatan sandblasting karena sangat berisik sekali suara yang ditimbulkan.

Hubungi Kami

Telp : (021) 22103792
Alamat : Perumahan The East View Residence, Kompleks Ruko Sun Flower Blok F No 11 Jalan Barin Raya Kel. Mustika Sari Kec Mustika Jaya Kota Bekasi – Jawa Barat
E-mail : sales@arlenglobalmulia.com

Salam Sukses – Jasa Sandblasting Terpercaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *