Mesin Powder Coating Membantu Pengecatan Lebih Mudah

Perusahaan Outsourcing
Perusahaan Outsourcing: Pengertian, Jenis Dan Keuntungannya
May 6, 2019
Faktor Produksi Tenaga Kerja
Faktor Produksi Tenaga Kerja Dan Contohnya Yang Bisa Dipelajari
May 6, 2019

Mesin Powder Coating Membantu Pengecatan Lebih Mudah

Mesin Powder Coating

Mesin powder coating – Pada saat ini melakukan kegiatan pengecatan dengan cara manual sudah tidak efektif lagi, terlebih untuk pekerjaan yang mempunyai jumlah skala yang besar. Sekarang mesin powder telah banyak digunakan untuk mempercepat pekerjaan pengecatan. Selain mempermudah dan meringankan beban pekerjaan, pengerjaan dengan bantuan mesin juga mempercepat proses pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Berikut ini penjelasan secara singkat tentang mesin powder coating.

Mesin Powder Coating

Apa Itu Mesin Powder Coating?

Mesin ini diciptakan untuk membantu pekerjaan dalam bidang pengecatan agar dapat selesai lebih cepat, dan lebih menghemat tenaga sehingga tidak menghabiskan biaya operasional produksi yang terlalu banyak. Sistem pengecatan dengan menggunakan mesin powder coating menjadi sangat berkembang pesat  dan memiliki banyak peminat saat ini.

Biasanya pengecatan untuk permukaan berbahan logam yang menggunakan sistem pengecatan dengan mesin ini, seperti aluminium dan besi. Pada dasarnya teknik pengecatan dengan powder coating merupakan proses finishing yang bersifat kering.

Sistem Pengecatan Dengan Powder Coating

Sebelum melakukan kegiatan pengecatan, permukaan yang akan dilakukan pengecatan haruslah melalui proses pembersihan dan perawatan terlebih dahulu. Hal ini diperlukan agar daya rekat dari cat tersebut akan dapat menempel dengan baik dan maksimal. Harus dipastikan bahwa permukaan yang akan dicat benar-benar telah bebas dari berbagai debu dan minyak.

Bahan-bahan yang terdiri dari partikel-partikel  resin dan pigmen serta bahan lainnya ini diaplikasikan dengan cara disemprotkan ke atas permukaan yang akan di cat. Setelah itu, proses pengovenan harus dilakukan dalam suhu 160 sampai 220 derajat celcius. Bertujuan agar bahan cat yang dasarnya berupa powder atau serbuk dapat melekat dengan sempurna.

Terdapat dua teknik yang dilakukan untuk melakukan pengecatan dengan powder coating, yaitu:

  • Penyemprotan, proses pengecatan dilakukan dengan cara menyemprotkan bahan cat ke atas permukaan objek dengan menggunakan powder coating yang berisi muatan elektrostatik.
  • Pencelupan, proses pengecatan dengan cara ini dilakukan dengan cara mencelupkan benda yang akan dilapisi kedalam wadah yang berisi powder coating yang sudah mengandung muatan elektrostatik.

Jenis-Jenis Powder Coating

Terdapat beberapa jenis powder coating yang dapat digunakan untuk melapisi suatu objek kerja. Berikut ini jenis-jenis powder coating:

  • Thermosetting, bahan powder coating yang berjenis thermosetting tidak bisa mencair kembali, meskipun objek kerja melalui proses dan perlakuan panas
  • Thermo plastic, sedangkan untuk bahan powder coating yang berjenis thermosetting akan mencair apabila terjadi proses atau perlakuan panas.

Baca Juga

Tujuan Dan Manfaat Mesin Powder Coating

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mesin ini diciptakan untuk mempermudah seseorang dalam melakukan kegiatan pengecatan. Selain dengan tujuan tersebut, terdapat pula berbagai manfaat yang didapatkan dari menggunakan mesin ini. Berikut ini manfaat dari penggunaan mesin powder coating:

  • Mempercepat proses pengerjaan. Mengecat dengan menggunakan mesin ini jauh lebih mempercepat dalam waktu proses pengerjaan. Dengan bantuan mesin tentu saja pengaplikasian bahan powder coating akan lebih cepat tersebar secara merata ke area permukaan objek kerja, apabila dibandingkan dengan melakukan dengan cara manual.
  • Lebih biaya pengerjaan. Dengan lebih cepatnya waktu proses pengerjaan yang dilakukan, tentu secara otomatis akan menekan biaya operasional pengerjaan. Dengan demikian teknik powder coating memiliki tingkat efisiensi yang lebih. Selain itu penyebaran bahan powder coating yang tersebar secara merata juga menghemat dalam penggunaan bahan baku pengecatan itu sendiri.
  • Warna lebih merata. Pengecatan yang menggunakan teknik powder coating akan menghasilkan warna yang lebih merata pada objek kerja. Hal ini disebabkan dari proses pengerjaan dengan mesin yang menghasilkan daya penyebaran yang lebih stabil dan tebal, sehingga bahan dari powder coating tersebar dan merekat lebih merata.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Itulah penjelasan singkat mengenai mesin powder coating yang sangat bermanfaat bagi mempermudah proses pengecatan.

Salam Sukses – Jasa Sandblasting Terpercaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *