Pasir Blasting Yang Digunakan Untuk Sandblasting

Apa Yang Dimaksud Dengan Tenaga Kerja
Apa Yang Dimaksud Dengan Tenaga Kerja? Simak Informasinya Disini
May 6, 2019
Perusahaan Outsourcing
Perusahaan Outsourcing: Pengertian, Jenis Dan Keuntungannya
May 6, 2019

Pasir Blasting Yang Digunakan Untuk Sandblasting

Pasir Blasting

Pasir blasting – Sandblasting adalah sebuah proses pembersihan pada bagian yang berkarat, cat, debu, dan lain sebagainya. Pembersihan tersebut dilakukan dengan cara menembakkan material yang juga disebut dengan pasir blasting.

Pasir blasting

Inilah Pasir Blasting Yang Digunakan Untuk Sandblasting

Material yang ditembakkan akan menghasilkan permukaan yang kasar. Tentunya pasir yang digunakan untuk sandblasting ini tidak hanya memiliki satu jenis. Maka dari itu, berikut ini adalah 5 jenis pasir blasting yang biasa digunakan untuk sandblasting.

1. Garnet

Bahan sandblasting yang satu ini dinilai paling murah di antara material abrasive blasting lainnya. Hal tersebut dikarenakan garnet merupakan bahan alam yang bahan bakunya mengandung almandite dan silica sebanyak kurang dari 0,1 persen. Bentuk dari garnet sendiri agak runcing sehingga ketika memegang material yang satu ini harus berhati-hati.

Garnet memiliki kelebihan tersendiri selain bentuknya yang runcing juga memiliki sifat tidak mudah hancur. Selain itu, garnit dapat digunakan berulang kali, itulah mengapa harganya terbilang murah. Soal efektif untuk membersihkan material yang kotor tentunya sangat efektif. Itulah mengapa garnet banyak digunakan untuk sandblasting.

2. Steel Grit

Selain menggunakan garnet, steel grit menjadi pasir blasting yang biasa digunakan untuk sandblasting. Walaupun namanya steel, orang-orang tetap menyebutnya pasir blasting. Itulah mengapa ketika mencari pasir blasting tentu akan ditanya jenis pasir apa yang ingin dicari. Steel grit tentunya terbuat dari baja dan silika bebas kurang dari 1 persen.

Ketika menggunakan abrasive material yang satu ini tentunya harus berhati-hati dalam menggunakannya. Hal tersebut dikarenakan abrasive material yang satu ini bisa mencemarkan permukaan yang dibersihkan. Selain itu, steel grit juga dapat berkarat sehingga steel grit cocok digunakan untuk blasting dalam ruangan yang tertutup.

3. Steel Shot

Hal yang membedakan antara steel grit dengan steel shot adalah bentuknya. Keduanya memiliki bahan dasar dan kandungan silika bebas yang sama. Akan tetapi, bentuk dari steel shot adalah bulat sedangkan steel grit berbentuk agak runcing. Untuk menangani kerusakan pada plat, steel shot dirasa kurang cocok sehingga lebih tepat menggunakan steel grit.

Meskipun kurang cocok untuk menangani kerusakan pada plat, akan tetapi steel shot tetap bisa digunakan sebagai material sandblasting. Di samping kurang cocok untuk menangani kerusakan plat, steel shot hanya bisa digunakan kembali untuk beberapa kali. Untuk penggunaannya, steel shot memiliki kesamaan dengan steel grit yaitu sama-sama digunakan pada shop blasting.

4. Silicon Carbide

Material untuk sandblasting yang satu ini memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi. Bahan yang satu ini sangat baik untuk sandblasting, shop blasting, maupun untuk membersihkan bagian plat atau juga bisa disebut profiling. Hal tersebut dikarenakan proses yang dihasilkan dengan menggunakan material yang satu ini sangat cepat.

Dengan hasil yang sangat cepat ini, silicon carbide memiliki harga yang mahal dibandingkan dengan bahan yang lain. Bentuk dari material yang satu ini sangat runcing dan bisa digunakan berkali-kali dalam membersihkan material khususnya pada permukaannya. Bahan yang satu ini juga sering banyak dicari oleh para pekerja terutama pekerja sandblasting.

5. Alumunium Oxide

Untuk bahan yang terakhir ini memiliki bentuk yang agak runcing. Di samping bentuknya yang agak runcing, ada berbagai macam alumunium oxide. Beberapa di antaranya adalah white alumunium oxide dan brown alumunium oxide. Untuk tingkat kekerasan dan kecepatannya, bahan ini sebanding dengan material di poin ke-empat.

Baca Juga

Pasir Blasting

Sandblasting menjadi sebuah kegiatan yang sangat penting dalam pekerjaan bangunan. Dalam kegiatannya, sandblasting menggunakan alat dan bahan yang mana bahannya sudah disebutkan di atas termasuk dengan spesifikasi dari bahan blasting. Dari bahan yang sudah disebutkan, nantinya bisa dipilih mana bahan yang cocok atau tidak untuk bangunan.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pasir blasting, semoga informasi yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaatbanyak untuk anda. Jika anda membutuhkan pasir tersebut anda dapat menghubungi kami segera melalui kontak di bawah ini :

Hubungi Kami

Telp : (021) 22103792
Alamat : Perumahan The East View Residence, Kompleks Ruko Sun Flower Blok F No 11 Jalan Barin Raya Kel. Mustika Sari Kec Mustika Jaya Kota Bekasi – Jawa Barat
E-mail : sales@arlenglobalmulia.com

Salam Sukses – Jasa Sandblasting Terpercaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *