Jenis Jenis Tenaga Kerja di Indonesia Yang Perlu Diketahui

Teori Ketenagakerjaan
Teori Ketenagakerjaan Dari Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi
May 6, 2019
Pengertian Outsourcing
Pengertian Outsourcing, Keuntungan Dan Kerugiannya Untuk Perusahaan
May 6, 2019

Jenis Jenis Tenaga Kerja di Indonesia Yang Perlu Diketahui

Jenis Jenis Tenaga Kerja

Jenis-jenis tenaga kerja – Tenaga kerja adalah mereka yang terlibat dalam proses produksi untuk menggerakkan ekonomi suatu perusahaan. Tidak semua dari tenaga kerja memiliki kesempatan yang sama, sebagian besar dari mereka juga memiliki permasalahan sendiri. Dalam dunia ketenagakerjaan sendiri terdapat berbagai jenis jenis tenaga kerja yang terbagi atas kebutuhan produksi.

Jenis-jenis tenaga kerja

Jenis Jenis Tenaga Kerja di Indonesia Yang Perlu Diketahui

1. Berdasarkan UU Tenaga Kerja

Seseorang dianggap sebagai tenaga kerja apabila dianggap sudah bisa bekerja dan tetap bisa bekerja apabila tidak ada permintaan pasar. Sesuai dengan UU tenaga kerja, seseorang disebut tenaga kerja apabila rentang usianya ada diantara 15-64 tahun. Jadi, orang-orang yang berada dalam rentang usia tersebut sudah dianggap sebagai tenaga kerja.

Ada juga orang-orang yang dianggap sebagai bukan tenaga kerja. Mereka dianggap tidak memiliki kemampuan atau keinginan bekerja. Namun, fakta lapangan di Indonesia mengatakan sebaliknya. Banyak tenaga kerja yang di bawah umur sudah dipekerjakan. Padahal dalam UU sudah dijelaskan bahwa mereka yang kurang dari 15 tahun belum boleh bekerja. Sedangkan yang berusia diatas 64 tahun tidak disarankan bekerja.

2. Angkatan Kerja

Penduduk yang berada dalam usia produktif bekerja sesuai UU masuk dalam angkatan kerja. Sebagian dari mereka adalah orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan, sedang mencari pekerjaan dan sementara waktu tidak sedang bekerja. Rata-rata usia orang yang sudah aktif dalam bekerja biasanya ketika usia 17 tahun lebih.

3. Bukan Angkatan Kerja

Bukan angkatan kerja adalah mereka yang ada dalam rentang usia produktif tenaga kerja. Akan tetapi, mereka tidak atau belum memiliki pekerjaan, proses mencari pekerjaan dan orang-orang yang memiliki tugas dan kewajiban lain. Contohnya adalah tugasnya sebagai pelajar dan mahasiswa untuk menuntut ilmu di sekolah atau kampus.

Mereka yang bertindak sebagai ibu rumah tangga juga masuk dalam bukan angkatan kerja. Ibu rumah tangga cenderung mengurus kepentingan rumah tangga masing-masing. Pensiunan dari TNI, Polri dan pegawai lainnya juga masuk kategori ini.

4. Jenis Yang Terdidik

Jenis jenis tenaga kerja yang terdidik adalah mereka yang memiliki keahlian khusus dalam suatu bidang tertentu. Keahlian atau kemampuan tersebut mereka dapatkan melalui pendidikan formal ataupun non formal. Dalam mendapatkan kemampuan tersebut dibutuhkan waktu yang cukup lama sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Contohnya disini adalah guru, dokter, perawat dan lain sebagainya.

5. Tenaga Kerja Terlatih

Berbeda dengan tenaga kerja terdidik yang mendapatkan keahlian khusus dengan menempuh pendidikan. Pada tenaga kerja terlatih berisikan sebagian dari tenaga kerja terdidik. Perbedaannya adalah terletak pada pengalaman yang mereka miliki. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tenaga kerja terlatih adalah tenaga terdidik yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam bidang tersebut.

Untuk menjadi seorang tenaga kerja terlatih diharuskan melakukan latihan yang berulang-ulang. Tujuannya adalah untuk menguasai bidang pekerjaan tersebut. Contohnya disini adalah apoteker, dokter spesialis bedah, mekanik kendaraan bermotor dan lain sebagainya.

Baca Juga

6. Tenaga Tidak Terlatih dan Terdidik

Berbeda dengan yang sebelumnya, tenaga kerja tidak terlatih dan tidak terdidik adalah mereka yang tidak memiliki skill tambahan ataupun pengalaman pada bidang tertentu. Sebagian besar orang yang masuk pada jenis ini adalah mereka yang bekerja dengan mengandalkan tenaga yang dimiliki. Contohnya disini adalah kuli bangunan, buruh angkut dan lain sebagainya.

Jenis Jenis Tenaga Kerja di Indonesia  Perlu Anda Pelajari

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya manusianya yang terbagi atas jenis jenis tenaga kerja di atas. Akan tetapi tidak sedikit dari mereka yang dalam usia produktif bekerja belum mendapatkan pekerjaan. Sebaliknya ada juga yang masih berusia di bawah 15 tahun tapi terpaksa bekerja karena kondisi ekonomi. Jadi disini anda harus mempelajarinya.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis-jenis tenaga kerja, semoga informasi yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat banyak untuk anda.

Salam Sukses – Jasa Sandblasting Terpercaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *