Penting! Ketahui Informasi Lengkap Mengenai Pasar Tenaga Kerja

Penyalur Tenaga Kerja
Penyalur Tenaga Kerja Sangat Dibutuhkan Perusahaan Saat Ini
May 10, 2019
Kesempatan Kerja Adalah
Kesempatan Kerja Adalah? Berikut Pengertian Dan Jenisnya
May 13, 2019

Penting! Ketahui Informasi Lengkap Mengenai Pasar Tenaga Kerja

Pasar Tenaga Kerja

Pasar tenaga kerja – Untuk menjalankan suatu perusahaan tentu diperlukan adanya peran para tenaga kerja, sebaliknya bagi para tenaga kerja membutuhkan pekerjaan untuk dapat memenuhi segala kebutuhan hidup. Dengan adanya hubungan yang saling membutuhkan inilah pasar tenaga kerja tercipta.

Pasar Tenaga Kerja

Berdasarkan pengertiannya, pasar tenaga kerja dapat disebut dengan pertemuan yang terjadi diantara penjual dan pembeli tenaga kerja. Para pencari kerja akan disebut sebagai para penjual tenaga kerja, sedangkan untuk istilah pembeli diberikan untuk pihak yang membutuhkan tenaga kerja atau pemilik perusahaan.

Maksud dan Tujuan Adanya Pasar Tenaga Kerja

Terselenggaranya suatu sistem dari sebuah kegiatan yang terorganisasi tentu saja memiliki maksud dan tujuan yang akan membawa suatu manfaat, yaitu untuk menciptakan pertemuan diantara para pencari kerja dengan pihak yang membutuhkan tenaga kerja agar dapat lebih terkoordinasi. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, maka diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan adanya tenaga kerja dari sebuah perusahaan.

Pelaku yang Menjalankan Peran Di Pasar Tenaga Kerja

Didalam terselenggaranya kegiatan ini, terdapat pelaku yang menjalankan perannya, yaitu:

  • Pemberi kerja, merupakan para pihak yang memberi pekerjaan dan membutuhkan tenaga kerja untuk menjalankan suatu perusahaan yang dimilikinya.
  • Pencari kerja, merupakan orang-orang yang menawarkan keahlian dan tenaganya kepada perusahaan yang mencari tenaga kerja. Sebagai upaya untuk mencari uang sebagai mata pencaharian demi memenuhi segala kebutuhan hidup.
  • Perantara, memiliki peran sebagai sarana atau media yang mempertemukan antara pemberi kerja dengan para pencari kerja. Sebagai media yang menjadi sarana terjadinya pertemuan tersebut, maka pihak perantara akan mendapatkan prosentase gaji yang diterima oleh si pencari kerja yang telah mendapatkan pekerjaan sebagai imbalan.

Prinsip yang ditanamkan didalam kegiatan ini ialah, dimana akan timbulnya hukum ekonomi diantara pemberi pekerjaan dengan para tenaga kerja, yaitu para tenaga kerja semaksimal mungkin akan berusaha untuk memperoleh upah sebesar-besarnya. Sebaliknya bagi pemberi kerja yang akan berusaha memberikan upah serendah-rendahnya untuk menekan anggaran perusahaan.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Tenaga Kerja

Didalam suatu sistem apapun akan terjadi adanya kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan kegiatan ini. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari pasar tenaga kerja:

Kelebihan

Tujuan dari dibentuknya suatu sistem dan kegiatan ini tentu saja agar dapat mendatangkan kelebihan yang bermanfaat. Berikut Ini beberapa kelebihan yang dihasilkan oleh pasar tenaga kerja:

  • Menekan angka jumlah pengangguran.
  • Mempermudah para pencari kerja untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan.
  • Membantu para pengusaha untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.
  • Memberi tambahan untuk devisa negara.

Kekurangan

Dibalik segala kelebihan yang mendatangkan manfaat, tentu saja terdapat kekurangan yang terjadi. Berikut ini beberapa kekurangannya:

  • Meningkatkan resiko terjadinya penipuan terhadap para pencari kerja.
  • Menimbulkan kegiatan percaloan tenaga kerja.
  • Para tenaga kerja harus memberikan prosentasi upahnya kepada perantara sebagai imbalan.
  • Berkurangnya upah yang akan diterima oleh tenaga kerja.

Penggolongan Tenaga Kerja Di Pasar Tenaga Kerja

Sebagai kegiatan yang berperan sebagai pemberi sarana pagi para pencari kerja dan pihak pemberi pekerjaan untuk bertemu digolongkan menjadi beberapa golongan. Berikut ini beberapa golongannya:

  • Berdasarkan sifatnya, yaitu tenaga kerja intern dan ekstern.
  • Berdasarkan prioritasnya, yaitu tenaga kerja utama dan tenaga kerja sekunder.
  • Dilihat dari pendidikannya, yaitu tenaga kerja tidak terdidik dan tenaga kerja terdidik.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa secara sederhana kegiatan ini dapat diartikan sebagai, pasar yang menjadi sarana tempat bertemunya antara pihak perusahaan yang mencari tenaga kerja dengan orang-orang yang mencari pekerjaan sebagai tenaga kerja.

Hubungi Kami

Telp : (021) 22103792
Alamat : Perumahan The East View Residence, Kompleks Ruko Sun Flower Blok F No 11 Jalan Barin Raya Kel. Mustika Sari Kec Mustika Jaya Kota Bekasi – Jawa Barat
E-mail : sales@arlenglobalmulia.com

Salam Sukses – Arlenglobalmulia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *