Kesempatan Kerja Adalah? Berikut Pengertian Dan Jenisnya

Pasar Tenaga Kerja
Penting! Ketahui Informasi Lengkap Mengenai Pasar Tenaga Kerja
May 11, 2019
Jual Mesin Sandblasting Bekas
Jual Mesin Sandblasting Bekas Beserta Klasifikasinya
May 14, 2019

Kesempatan Kerja Adalah? Berikut Pengertian Dan Jenisnya

Kesempatan Kerja Adalah

Kesempatan kerja adalah – Kerja sudah menjadi aktivitas yang wajib bagi manusia. Tanpa bekerja, banyak orang yang tak bisa beri makan keluarga, serta kebutuhan yang selalu kurang. Meski begitu, terkadang memang merasa susah mendapatkan pekerjaan yang baik karena sempitnya lapangan pekerjaan. Kesempatan kerja adalah sebuah peluang yang besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Kesempatan Kerja Adalah

Pengertian Kesempatan Kerja Adalah?

Kesempatan kerja adalah peluang bagi seseorang yang sedang/membutuhkan pekerjaan. Jika lapangan kerja sempit, maka akan menghasilkan banyak pengangguran. Dan karena mendesaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, Pengangguran ini bisa saja melakukan kejahatan untuk mendapatkan uang.

Segala cara dilakukan, misalnya maling dan begal. Alih alih kejahatan semakin meningkat. Bicara mengenai kesempatan kerja tentulah berhubungan dengan pemerintah yang menyediakan lapangan pekerjaan yang lebih besar.

Alasan Diciptakan Kesempatan Kerja Adalah

Karena jika kesempatan kerja banyak dan membutuhkan tenaga kerja maka mampu mengurangi tingkat pengangguran. Bisa saja, jika mendapatkan kesempatan kerja bisa membuat si pengangguran bersyukur, daripada harus menjadi penjahat dan berakhir mendekam di penjara.

Maksud dari kesempatan kerja di sini adalah sebuah peluang untuk seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan dengan mencari lapangan kerja, atau bisa juga sebuah lapangan kerja yang sedang membutuhkan tenaga kerja.

Bagi orang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan harus tahu apa saja yang harus diperhatikan dalam mencari kesempatan kerja. Agar pas dan sesuai dengan yang diharapkan.

Jenis Jenis Kesempatan Kerja

Kesempatan kerja memiliki beberapa jenis yang dapat diketahui. Berikut ini adalah jenis jenis kesempatan kerja berdasarkan segi waktu lama bekerja:

  • Melakukan pekerjaan yang terus menerus untuk waktu yang cukup lama. Yaitu hingga pensiun, ataupun hingga sudah tidak bisa bekerja lagi. Misalnya adalah seorang PNS. Kesempatan kerja tersebut adalah kesempatan kerja permanen
  • Melakukan pekerjaan yang hanya untuk jangka waktu singkat saja, setelah menjadi pengangguran dan harus mencari pekerjaan lain. Misalnya pada karyawan swasta yang masih terikat dengan kontrak untuk bekerja hanya beberapa waktu singkat saja. Kesempatan kerja tersebut disebut kesempatan kerja temporer

Kriteria Untuk Masuk Kedalam Kesempatan Kerja

Selain memperhatikan jenis pekerjaan, perhatikan juga informasi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan/tempat kerja lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut

1. Kegiatan Usaha Apa Yang Akan Dilakukan

Bagi seseorang yang ingin mencari pekerjaan, perkara ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Pasalnya, apakah kegiatan dalam pekerjaan ini cocok untuk si tenaga kerja atau tidak. Jangan sampai dipaksakan, alhasil tidak menikmati pekerjaan itu dan selalu menganggap beban yang sangat berat.

2. Sesuai Dengan Latar Belakang

Point ini pun sangat penting untuk seseorang yang mencari pekerjaan, karena bisa mempengaruhi kualitas kerja. Latar belakang antara si tenaga kerja, dengan tempat bekerja harus sama. Latar belakang inipun bisa dilihat melalui pendidikan. Misalnya, untuk pendidikan di bidang bahasa Inggris bisa menjadi translator bahasa Inggris, penulis berbahasa Inggris dan lain sebagainya.

3. Lihatlah Lingkungan Kerja

Dalam hal ini, lingkungan tempat kerja nyaman atau justru sebaliknya. Karena, ketika pekerjaan itu terasa tidak nyaman hanya akan mendapatkan kelelahan saja. Selain itu, yang biasa dijadikan acuan adalah jarak antara rumah si pekerja dengan tempat ia bekerja.

Apakah terlalu jauh, atau mungkin agak dekat. Karena jangan sampai, tempat yang begitu jauh justru membuat si pekerja lebih capek, dan mengeluarkan biaya ongkos yang lumayan. Sehingga upah yang didapat habis dengan biaya ongkos saja.

4. Gaji dan Bonus Yang Diberikan

seseorang bekerja pastilah untuk mendapatkan uang. Dan untuk para pekerja, Perhatikan lah seberapa besar gaji yang diberikan oleh perusahaan. Dalam pendapatan gaji, bisa dilihat seberapa besar tenaga dan sulitnya pekerjaan yang dilakukan. Agar seimbang dengan pengorbanan. Mencari, kesempatan kerja itu memang penting. Tetapi lebih baik membuka kesempatan kerja bagi orang lain.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Dengan mengetahui pengertian kesempatan kerja diharapkan bisa menambah semangat bagi pencari kerja. Kesempatan kerja sebenarnya sangat banyak tinggal kita mau berusaha mencarinya atau berdiam diri saja.

Salam Sukses – Arlenglobalmulia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *