Arti Outsourcing, Sistem Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Tenaga Kerja
Tenaga Kerja, Definisi Menurut Para Ahli Dan Klasifikasinya
May 7, 2019
Pengertian Blasting
Pengertian Blasting Dan Jenis-Jenis Yang Penting Diketahui
May 8, 2019

Arti Outsourcing, Sistem Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Arti Outsourcing

Arti outsourcing – Arti outsourcing atau jika diterjemahkan menjadi alih daya. Bisa diartikan sebagai penyedia layanan untuk perusahaan yang membutuhkan pekerja tambahan dengan keahlian tertentu. Ada banyak juga keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan, terutama dari segi keuangan. Maka dari itu, simak ulasannya tentang arti, system, keuntungan dan kekurangan outsourcing.

Arti outsourcing

Apa Arti Outsourcing?

Outsourcing adalah berfungsi untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan tertentu. Atau juga bisa diartikan sebagai penggunaan tenaga kerja yang diperoleh dari pihak ketiga. Dan pihak ketiga yang menyediakan para tenaga kerja juga disebut dengan perusahaan outsource. Perusahaan outsource adalah perusahaan yang memberikan atau menyediakan jasa dengan keahlian tertentu.

Atau juga yang sebagai penyalur tenaga kerja dengan keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan. Arti outsourcing juga bisa diartikan sebuah jasa yang menawarkan tenaga kerja ke perusahaan. Dalam satu perusahaan outsourcing tidak hanya menyediakan satu keahlian saja. Tetapi banyak pekerja dengan keahlian yang berbeda.

Sistem Kerja Outsourcing

Perusahaan bisa menyerahkan sebagian tugas pekerjaan kepada perusahaan lainnya dengan melalui perjanjian. Para karyawan yang bekerja sebagai outsourcing dibagi menjadi 2 dengan melalui system kontrak. Yang pertama ada perjanjian kerja waktu tertentu, yaitu para pekerja tambahan tersebut bekerja selama dengan waktu yang ditentukan sesuai dengan perjanjian.

Dan yang kedua adalah perjanjian kerja dengan waktu yang tidak tertentu. Adalah para pekerja tambahan tersebut bekerja tidak terikat dengan waktu atau berapa lama bekerja. Dikarenakan jika menggunakan system ini biasanya hanya sampai proyek selesai saja. Tetapi pekerja outsourcing ini digaji bukan berdasarkan kepada perusahaan (klien) tetapi sesuai perusahaan outsourcingnya.

Keuntungan Outsourcing

Ada beberapa keuntungan bagi perusahaan yang ingin menggunakan outsourcing ini. Simak ulasannya dibawah ini lebih lanjut:

  • Menghemat anggaran. Keuntungan outsourcing yang pertama adalah dapat menghemat anggaran perusahaan. Karena para pekerja outsourcing ini kebanyakan sudah memiliki keahlian yang spesifik. Jadi perusahaan sudah tidak perlu lagi memberikan pelatihan lagi. Di perusahaan outsourcing pun ada banyak keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Mengurangi beban rekruitmen. Perusahaan sudah tidak perlu lagi untuk melakukan rekrutmen atau seleksi karyawan baru. Karena jika menggunakan jasa outsourcing ini. Yang melakukan seleksi karyawan adalah perusahaan outsourcingnya bukan perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan keahlian tertentu.  Apalagi saat ini sudah banyak perusahaan outsourcing atau perusahaan yang menyediakan tenaga kerja dengan keahlian tertentu.

Baca Juga

Kekurangan Outsourcing

Tidak hanya mempunyai kelebihan saja tetapi juga ada kekurangannya untuk menggunakan outsourcing. Simak lebih lanjut apa saja kekurangannya di bawah ini.

  • Informasi rentan bocor. Kekurangannya yang pertama adalah informasi atau rahasia dari perusahaan bisa saja bocor. Maka dari itu tidak disarankan untuk menggunakan tenaga kerja outsourcing jika menyangkut dengan kegiatan utama perusahaan. Dan jika sampai rahasia perusahaan diketahui oleh orang luar maka bisa saja orang tersebut akan menjual ke competitor atau pihak lain.
  • Waktu yang tidak menentu. Jika diatas kekurangan bagi perusahaan maka ini adalah kelemahan bagi pekerjanya. Karena pekerja outsource biasanya hanya digunakan sampai proyek selesai saja. Dan pekerja akan menganggur menunggu ada perusahaan lain yang membutuhkan lagi. Tidak enaknya bagi pekerja outsourcing itu waktu kerjanya tidak pasti.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Masih banyak yang belum mengerti apa itu outsourcing, dan bagaimana perkembangannya di Indonesia. Memang di Indonesia sendiri outsourcing masih banyak pro dan kontra nya. Tetapi walaupun begitu juga sudah banyak perusahaan outsourcing yang ada. Karena arti outsourcing yang mengandung banyak pengertian. Karena jika dilihat dari segi pekerja memang cukup merugikan. Tetapi tetap ada keuntungan tersendiri bagi pekerja outsourcing.

Salam Sukses – Jasa Sandblasting Terpercaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *