Perencanaan Tenaga Kerja Untuk Hasil Kerja Yang Berkualitas

Harga Spray Gun
Harga Spray Gun Beserta Jenis dan Tips Penggunaannya
May 9, 2019
Penyalur Tenaga Kerja
Penyalur Tenaga Kerja Sangat Dibutuhkan Perusahaan Saat Ini
May 10, 2019

Perencanaan Tenaga Kerja Untuk Hasil Kerja Yang Berkualitas

Perencanaan Tenaga Kerja

Perencanaan tenaga kerja – Sehubungan dengan sumber daya manusia yang banyak membutuhkan pekerjaan, tentulah akan mendapatkan persaingannya yang kuat pula. Proses perencanaan kerja juga membutuhkan waktu yang tepat. Agar terciptanya tenaga kerja yang berkualitas, diperlukan rencana tenaga kerja yang efektif.

Perencanaan tenaga kerja

Perencanaan yang dilakukan adalah sebuah proses untuk menetapkan tujuan-tujuan yang akan dicapai selama periode mendatang dan aktivitas-aktivitas yang harus dilakukan agar dapat mencapai tujuan tersebut.

Sedangkan dalam tenaga kerja pula dibutuhkan perencanaan yang matang agar manusia yang bekerja di sebuah bidang organisasi atau perusahaan mempunyai potensi. Baik memiliki dalam wujud potensi nyata fisik maupun psikis sebagai penggerak utama dalam mewujudkan eksistensi dan tujuan pekerjaan.

Alasan Perusahaan Yang Melakukan Perencanaan Tenaga Kerja

Banyak perusahaan yang melakukan perencanaan kerja karena beberapa alasan. Menurut simamora dalam bukunya meldona bahwa diantaranya:

  • Dengan perencanaan maka yang akan dikaitkan adalah tindakan juga konsekuensinya. Jika tidak ada perencanaan dalam tenaga kerja. Mungkin juga akan terjadi ketidakseimbangan dalam tindakan dan konsekuensi. Tindakan adalah apa yang akan dilakukan dan konsekuensi adalah hukuman yang terjadi bila tindakan tidak sesuai.
  • Perencanaan membuat sumber daya manusia lebih efektif dan efisien. Dengan adanya perencanaan, maka tenaga kerja akan lebih baik jika sumber daya manusianya juga berkualitas.
  • Perencanaan menghubungkan sumber daya manusia dengan organisasi atau perusahaan. Ketika manusia sudah mulai memikirkan rencana, maka ia juga akan berpikir tentang perusahaan mana yang menjadi tempat ia bekerja. Maka dengan perencanaan itu akan lebih mudah menghubungkan tenaga kerja dengan perusahaan.
  • Dengan perencanaan dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan dan mendorong untuk terus berkembang. Di dalam sebuah perencanaan kerja terdapat proses untuk terus belajar. Sehingga kualitas pun semakin lama semakin berkembang.

Tujuan Rencana Tenaga Kerja

Sebuah perencanaan kerja memiliki tujuan untuk mewujudkan kualitas tenaga kerja. Selain itu, perencanaan kerja juga mempunyai beberapa tujuan, diantaranya:

  • Untuk media pembandingan antara kualitas dari para tenaga kerja. Dalam perusahaan harus benar benar bisa memilih, mana seseorang yang lebih pantas untuk mendapatkan sebuah jabatan yang tinggi. Tentulah, perusahaan akan Memilih karyanya yang berkualitas dengan skill yang baik.
  • Agar tidak ada perusahaan yang tidak dapat karyawan. Dengan adanya perencanaan kerja ini, maka akan menjamin tersedianya tenaga kerja. Sehingga para pemilik tidak usah khawatir dengan kebutuhan tenaga kerja.
  • Agar tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas. Ketika sudah dilakukan perencanaan, maka tenaga kerja harus bisa memilih di bidang mana ia akan kerja. Sehingga si karyawan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan jabatannya.
  • Untuk mempermudah koordinasi. Jika koordinasi di dalam suatu perusahaan tidak berjalan dengan baik, maka pasti perusahaan itu akan cepat bangkrut. Sebab itulah diperlukan perencanaan kerja agar koordinasi dalam perusahaan berjalan dengan efektif dan baik.

Baca Juga

 

  • Sebagai acuan dalam suatu perusahaan. Perusahaan tentu mempunyai pertimbangannya sendiri dalam menentukan karyawan yang dipilih di perusahaannya. Bagaimana cara menyeleksi, kompetisi, kedisiplinan dan pemberhentian. Dan biasanya yang dijadikan acuan dalam perusahaan adalah dilihat dari bagaimana proses perencanaan kerjanya.
  • Menjadi dasar dalam penilaian kerja. Ketika seseorang telah melakukan perencanaan kerja, tentu akan jauh lebih baik dibandingkan seseorang yang tidak pernah memiliki perencanaan kerja. Dan sebuah perusahaan mempunyai metode penilaiannya sendiri.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Setiap orang memiliki perencanaan kerja yang berbeda, tentu pula yang rencananya matang, akan lebih baik. Sebab itu, buatlah sebuah rencana besar untuk menghadapi persaingan.

Salam Sukses – Jasa Sandblasting Terpercaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *