7 Cara Menggunakan Cat Air yang Tepat

Setting Spray Yang Bagus
5 Produk Setting Spray Yang Bagus Agar Make Up Tahan Lama
May 6, 2019
Cat Semprot
Informasi Lengkap Seputar Cat Semprot Untuk Memudahkan Pengecatan
May 6, 2019

7 Cara Menggunakan Cat Air yang Tepat

Cara Menggunakan Cat Air

Cara menggunakan cat air – Cat air merupakan media atau alat melukis yang dibuat dari campuran pigmen dan air larut yang bersifat transparan. Cara menggunakan cat air harus diperhatikan sekalipun bisa digunakan di semua media seperti kayu, kanvas dan kain. Namun pada umumnya, alat digunakan untuk melukis di atas kertas.

Cara menggunakan cat air

7 Cara Menggunakan Cat Air yang Tepat

Cat air cocok untuk melukis karena memiliki sifat transparansi yang tinggi. Sangatlah ideal jika diterapkan pada karya-karya kategori impresif maupun ekspresif. Sedangkan keistimewaannya adalah cat air tidak beraroma kental serta amat mudah dibersihkan. Bahkan alat lukis inilah yang paling cepat kering dibandingkan sarana melukis yang lain. Dibawah ini ada cara menggunakan cat air yang benar. Yuk disimak!

1. Berlatih Mencampur Warna

Ciri-ciri warna dari cat air adalah pasti berubah tergantung kekeringan cat. Jika dalam kondisi basah, warnanya terlihat lebih kental dan pekat. Namun saat lukisan sudah mengering, warnanya akan ringan dan memudar.

Maka dari itu, berlatihlah mencampur warna untuk mendapatkan nuansa yang sesuai, baik saat kering maupun ketika masih basah. Kuncinya adalah jika warna terlalu pudar, maka tambahkan warna yang lebih pekat atau dengan mengurangi kadar air yang digunakan.

2. Mulai Mencoba ke Kertas Biasa

Cara menggunakan cat selanjutnya adalah mulai mencoba. Jika sudah tahu mencampur warna, maka langkah selanjutnya adalah mulai menggunakan warna tersebut. Namun, mengingat warna cat air cepat mengering, alangkah baiknya jangan langsung dilakukan pada kanvas tetapi terapkan pada kertas. Dengan hal ini, kesalahan penggunaan warna bisa diminimalkan.

3. Berlatih Mengubah Warna Cat dengan Sistem Saluble

Sistem saluble adalah cara mengubah warna lukisan dengan hanya mencelupkan ujung cat pada air. Jika ini dilakukan, cat air yang mengering bisa berfungsi kembali sehingga bisa digunakan jika warna lukisan akan dirubah. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan saturasi atau kecerahan warna lukisan.

4. Persiapkan Diri Untuk Melukis

Melukis menggunakan cat air sangat rawan kesalahan. Salah satu penyebabnya adalah sifat cat air adalah transparan. Sehingga masalah pewarnaan terkadang sulit menemukan ajegsasi atau keselarasan. Namun, tetaplah melukis dengan serius dan santai, niscaya masalah di atas bisa  diatasi secara cepat.

5. Mulai Melukis dengan Teknik Warna Terang ke Warna Gelap

Cat air tidak memiliki warna putih. Karena sesungguhnya warna yang terlihat sebagian besar efek dari warna kertas atau kanvas. Maka dari itu, pastikan mulai melukis di awali dari warna yang terang ke warna yang gelap.

Artinya, gunakan warna ringan terlebih dahulu baru dicarikan padanan warna pekat yang sesuai. Di kondisi ini, daya eksperimen dan kreativitas menjadi penentu keberhasilan dalam melukis.

6. Pilih Kuas Yang Bagus

Satu buah kuas yang bagus lebih layak pakai daripada banyak kuas tetapi kualitasnya buruk. Apalagi jika beberapa saat digunakan bulunya sudah rontok dan rusak. Penggunaan kuas berkualitas tinggi mencegah terjadinya perubahan sapuan. Sehingga kesalahan dalam melukis tidak terjadi.

Baca Juga

7. Pastikan Kertas Tidak Bergerak

Cara menggunakan cat air yang terakhir adalah gunakan pada kertas yang kokoh alias tidak bergerak. Karena jika kertas mengalami kerutan sedikit saja, sapuan menjadi kacau bahkan warnanya bisa meluber kemana-mana. Maka dari itu, rekatkan terlebih dahulu kertas dan kanvas atau di tindih dengan benda yang mencegahnya untuk bergerak.

Cara Menggunakan Cat Air Perlu Anda Coba

Iya di sini kami sudah membagikan sedikit cara menggunakan cat air, jadi untuk anda yang belum bisa menggunkan cat air bisa melihat cara yang sudah kami sampaikan di atas.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Itulah beberapa cara menggunakan cat air yang bisa dicoba. Dengan tips ini, kualitas hasil lukisan akan lebih baik dan dalam melukis tidak stres malah merasa relaks. Semoga bermanfaat untuk anda.

Salam Sukses – Jasa Sandblasting Terpercaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *