Blasting Adalah? Ini Pengertian dan Sifat Kandungan Bahan Blasting

Harga Sticker Sandblast Per Meter
Harga Sticker Sandblast Per Meter Dan Manfaat Penggunaannya
May 9, 2019
Harga Spray Gun
Harga Spray Gun Beserta Jenis dan Tips Penggunaannya
May 9, 2019

Blasting Adalah? Ini Pengertian dan Sifat Kandungan Bahan Blasting

Blasting Adalah

Blasting adalah – Dalam fungsinya blasting adalah melakukan peledakkan untuk memecah suatu massa yang diam dan memiliki kesulitan untuk diurai atau di pecahkan. Misalnya batuan atau bongkahan batu besar yang tidak lagi mampu di pecahkan dengan alat berat seperti excavator atau juga tidak pula bisa menggunakan metode manual seperti penggunaan palu.

Blasting adalah

Biasanya uji blasting dilakukan terlebih dahulu agar peledakkan yang dilakukan menghasilkan pecahan material atau batuan ukurannya sesuai degan kebutuhan. Dan untuk menentukan besarnya koefisien dari blasting itu sendiri ditentukan oleh struktur dan kekerasan suatu material atau batuan

Pengertian Blasting Adalah?

Blasting adalah istilah lain dari Peledakkan  atau dapat disebut juga dengan explosion. Dan Explosion  adalah suatu proses pemecahan atau penghancuran suatu material dengan cara melakukan meledakkan atau dengan menggunakan bahan peledak. sederhananya  blasting memiliki pengertian yaitu adalah peledakan.

Macam-Macam Istilah Blasting adalah

Blasting atau peledakkan memiliki beberapa istilah. Seperti peledakan bias, peledakan bongkah, peledakan di udara, peledakan lepas gilir, peledakkan lubang dalam, peledakan parit, dan peledakan terendam. Untuk mengetahui masing masing blasting atau peledakkan tersebut, mari ikuti penjelasan dibawah ini:

  • Peledakan bias. Istilah peledakan bias atau disebut dengan istilah refraction shooting yaitu suatu peledakan yang dilakukan didalam sebuah lubang atau sumur yang dangkal untuk tujuan menghasilkan getaran untuk dilakukan kajian geofisika dengan cara seismik bias.
  • Peledakan bongkah. Dalam istilah lain disebut block holing yaitu peledakan sekunder dengan cara melakukan lobang tembak dengan diameter kecil lalu diisi dengan sedikit bahan peledak untuk tujuan pengecilan pada bongkah batuan.
  • Peledakan di udara. Disebut juga dengan air shooting yaitu melakukan peledakkan di udara untuk menimbulkan energi seisme pada permukaan bumi.
  • Peledakkan lepas gilir. Disebut juga dengan istilah off-shift blasting sesuai dengan istilah yaitu peledakan yang dilakukan di luar waktu jam kerja atau gilirnya.
  • Peledakan lubang dalam. Istilah lainnya yaitu deep hole blasting peledakan dengan menggunakan lubang tembak pada kedalaman dan tinggi yang disesuaikan untuk peledakan jenjang kuari atau tambang terbuka.
  • Peledakan parit. Disebut juga ditch blasting yaitu peledakan yang dilakukan untuk tujuan pembuatan parit.
  • Peledakan terendam. Nama lainnya cushion blasting yaitu proses peledakan namun menghasilkan getaran yang relatif pelan atau lebih lembut dari biasanya. Dengan cara membuat rongga udara antar bahan peledak dengan sumbat ledak.

Sifat Bahan Blasting atau Peledakkan

Sebagaimana pengertian nya blasting atau peledakkan memiliki spesifikasi yang disimpulkan berdasarkan sifat dari blasting atau bahan peledak itu sendiri. Adapun sifat dari bahan bahan peledak atau blasting tersebut adalah sebagai berikut:

  • Strength (kekuatan) daya kekuatan suatu bahan peledak tergantung pada kandungan energi yang terkandung dalam bahan peledak itu sendiri.
  • Kecepatan Detonasi Velocity of detonation atau VOD yang terkandung dalam bahan peledak biasanya dinyatakan dalam meter/detik dengan kecepatan tergantung pada bahan peledak yang terkandung pada ukuran butir, maupun bobot isi.
  • Sensitivity (kepekaan) dan tingkat sensivitasnya bergantung pada komposisi kimia, pengaruh kandungan air maupun temperaturnya.
  • Density (bobot isi bahan peledak) biasanya dinyatakan dalam gr/cm3 dan untuk bobot isi dinyatakan dalam specific gravity (SG), stick count (SC) atau loading density (de).
  • Detonation Pressure atau tekanan detonasi yaitu tekanan gelombang ledakan dinyatakan dalam kilobar (kb)

Baca Juga

Lihatlah video menarik berikut ini :

Water resistence atau ketahanan air bahan peledak memiliki kemampuan tahan terhadap air dalam waktu yang ditentukan tanpa merubah bahkan merusak kepekaan peledaknya nya sendiri.

Hubungi Kami

Telp : (021) 22103792
Alamat : Perumahan The East View Residence, Kompleks Ruko Sun Flower Blok F No 11 Jalan Barin Raya Kel. Mustika Sari Kec Mustika Jaya Kota Bekasi – Jawa Barat
E-mail : sales@arlenglobalmulia.com

Salam Sukses – Jasa Sandblasting Terpercaya

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *