Angkatan Kerja Adalah Penduduk Usia Produktif yang Perlu Dikelola

Jual Mesin Sandblasting Bekas
Jual Mesin Sandblasting Bekas Beserta Klasifikasinya
May 14, 2019
Tenaga Kerja Adalah
Tenaga Kerja Adalah? Berikut Pengertian Dan Klasifikasinya
May 14, 2019

Angkatan Kerja Adalah Penduduk Usia Produktif yang Perlu Dikelola

Angkatan kerja Adalah

Angkatan kerja adalah – Penduduk yang menempati suatu wilayah dapat terbagi menjadi golongan tenaga kerja dan bukan tenaga kerja. Golongan tenaga kerja adalah penduduk yang sudah berumur 15 tahun dan diatasnya. Selain tenaga kerja, dikenal juga istilah angkatan kerja. Angkatan kerja adalah  penduduk golongan tenaga kerja yang sudah bekerja, sedang bekerja, ataupun sedang mencari pekerjaan.

Angkatan kerja Adalah

Negara berkembang seperti Indonesia sangat perlu untuk mengelola  golongan angkatan kerja yang sedang mencari pekerjaan atau disebut juga pengangguran. Golongan ini perlu dikelola sebaik mungkin agar segera mendapat pekerjaan. Selain itu, angkatan kerja yang sudah memiliki pekerjaan juga perlu dikelola agar tetap produktif dalam melaksanakan pekerjaannya.

Pengelolaan Angkatan Kerja Adalah

Dalam mengelola angkatan cukup sulit karena banyak hal yang harus dipahami oleh para pekerja nantinya. Beberapa hal yang perlu dikelola bagi para angkatan kerja yang termasuk dalam golongan pengangguran:

Perlu Adanya Sosialisasi Bagi Para Penduduk Selama Sekolah

Perlu diingat bahwa angkatan kerja adalah penduduk yang sudah berumur 15 tahun dan diatasnya yang sudah siap untuk bekerja. Sosialisasi ini dapat berbentuk pembekalan ilmu mengenai cara interview yang baik dan benar, cara membuat CV, dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar setiap angkatan dapat  memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Perlu Menanamkan Motivasi Upgrade Skill Penduduk

Selain usia, yang perlu diperhatikan dari angkatan kerja adalah skill yang dimiliki oleh para angkatan. Untuk angkatan yang berusia 15 tahun mungkin akan lebih sulit untuk mencari pekerjaan; karena sebagian besar perusahaan membutuhkan angkatan yang minimal memiliki ijazah SMA/SMK. Oleh karena itu, diperlukan upgrade skill bagi angkatan kerja.

Angkatan kerja yang berumur 15 tahun biasanya baru lulus SMP, perlu ditanamkan motivasi upgrade skill di dalam diri angkatan tersebut.  Di sekolah tidak hanya perlu belajar teori yang diberikan sekolah saja, tapi masih banyak hal yang bisa di upgrade. Skill-skill seperti memasak, membuat kue, mendekorasi ruangan, menulis dapat menjadi contoh yang bisa di upgrade.

Pengelolaan Angkatan Kerja Adalah Sedang Bekerja

Mengelola karyawan memang tidak mudah karena setiap orang memiliki karakteristik dan pemahaman yang berbeda-beda. Beberapa hal yang perlu dikelola bagi para angkatan kerja yang termasuk dalam golongan pekerja:

Perlu Adanya refreshing

Bagi para angkatan kerja yang sedang bekerja di perusahaan maupun yang bekerja sebagai wiraswasta pasti akan mengalami tekanan. Tekanan ini dapat berasal dari atasan, lingkungan pertemanan, partner kerja, dan bawahan.

Perlu adanya mental yang kuat dan sehat bagi para pekerja untuk mengatasi banyaknya tekanan agar tidak mudah stress dalam bekerja. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengadakan refreshing. Selain itu, hak cuti karyawan harus diberikan sesuai peraturan yang berlaku (tidak menahan cuti karyawan).

Angkatan Kerja Harus Mau Belajar Hal Baru

Angkatan kerja adalah angkatan yang akan terus bertambah setiap tahun. Oleh karena itu,setiap angkatan yang sudah bekerja harus tetap belajar dan upgrade diri agar tidak ketinggalan dengan para angkatan kerja baru kerja (fresh graduate).

Perlu adanya kesadaran bahwa angkatan pekerja harus memiliki keunikan sendiri agar tidak mudah tersingkirkan dan tergantikan dengan para angkatan baru kerja. Begitupun angkatan baru kerja harus memiliki nilai tersendiri agar bisa bekerja produktif meskipun belum ada pengalaman.

Pengaruh angkatan kerja cukup besar bagi setiap negara. Jika angkatan kerja dapat dikelola dengan baik, tentunya negara juga akan memperoleh benefit untuk kemajuan negara.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Pengelolaan ini dapat dilakukan secara maksimal jika dibantu oleh para ahli sumber daya manusia. Selain para ahli, pengelolaan ini juga dapat dilakukan dengan kesadaran dari diri sendiri. Oleh karena itu, diperlukan adanya edukasi sejak dini mengenai pentingnya pengelolaan angkatan kerja.

Salam Sukses – Arlenglobalmulia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *